blog

stpblog.me migrasi ke wordpress

migrasi-blogger-ke-wordpresshi sobat stpblog, gak terasa ane ngeblog udah berjalan di tahun ke enam. yap tepatnya sekitar tahun 2010 ane mulai terjun ke dunia blogging menggunakan platform blog gratis miling google yaitu “Blogger.com”. dengan segala kelebihan dan kekurangann dari blogger.com ane memulai dari sebuah blog bernama pambudie.blogspot.com sampai akhirnya bisa membeli top level domain “stpblog.me” pada tahun 2013 itupun juga karena dapet diskon kalo nggak dapet mungkin belum bisa beli domain tld wkwkwkwk.

hmm setelah selama itu ngeblog memakai platform blogger sebenarnya sih sudah lama pengin migrasi ke wordpress self host tapi baru kesampaian tahun ini hhe. yup blog ini akhirnya pindah rumah ke wordpress selft host tepatnya 30 januari 2016. proses migrasi cukup bikin deg deg an, gimana nggak ane langsung make vps dan harus manage server sendiri tanpa memiliki pengetahuan tentang web hosting wkwkwkwk. tapi untungnya ada temen yang mau direpotin buat bantu ane belajar menginstall wordpress di vps.

membangun wordpress melalui vps ternyata cukup sulit buat ane yang minim pengetahuan tentang OS Linux dan perintah2 didalamnya( biasanya pake windows sih). mulai dari install OS make kode2 sampai install panel untuk hosting dilanjut nambah database untuk instalasi wordpress. dan akhirnya setelah coba trial n eror sampe seharian selesai juga deh hehehehe. walaupun udah selesai ternyata servernya masih bermasalah alias masih sering eror dan down

mungkin minggu minggu ini blog ane ini masih sering down dan sulit buat diakses, tapi tenang sob karena ane udah pake cloudflare website masih bisa diakses walaupun cuma sebatas cache dari cloudflarenya wkwkwk. hari ini aja harus restart server sampai 3 kali (entah ane juga bingung kenapa bisa begitu). rencana ane masih mau maintenance ini blog karena belum sempurna jadi maaf saja jika beberapa hari kedepan sulit mengakses stpblog.me ya.

alasan ane pindah ke wordpress selfhost karena ada beberapa fitur di wordpress yang gk dimiliki blogger seperti plugin2 yang bisa ditambah membalas komentar dengan cepat melalui dashboard, sistem keamanan spamnya yang cukup bagus, tampilan yang menurut ane lebih wah daripada blogspot dan mungkin sobat lebih tau lah kelebihan wordpress selfhost itu sendiri.

oh iya ane sekaligus minta maaf kalo ada artikel banyak yang hilang karena pada proses migrasi dari blogger ke wordpress ternyata ada batas maksimum ukuran file yang akan di upload ke wordpress. ane terpaksa menghapus beberapa artikel di lama di blog, tapi tenang insya allah ane akan bahas ulang aja (khusus yang tutorial sih wkwkwk).

sekian curhatan ane tentang migrasi blog stpblog.me ke wordpress selfhost. maaf kalo tulisannya bikin bingung ya hhe, kalo gk kuat baca lambaikan tangan ke monitor nanti ada tim alayer yang datang wkakakaka. buat cerita proses migrasi secara lengkap nantikan artikel ane selanjutnya yah

sumber foto: erusidi.com

email: [email protected]
instagram: singgihtrip
Facebook CBW
twitter:@singgih pambud

 

7 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *