Advertisements
artikel, blogger

Museum Di Hatiku Bersama TMII dan IndosatM2

hai sobat pambudie blog ^_^, malam ini mau posting tentang acara kemarin. seharusnya seh aku tulis kemarin pas sampai dirumah setelah acara supaya nggak lupa tapi kerena kebiasaan saya yang menyepelekan sesuatu yah akhirnya saya tulis sekarang hhe. walaupun agak lupa sama acaranya kemarin saya akan tetap menulis dan mencoba mengingatnya hhe, yuk simak aja kisah selengkapnya. . . .

minggu tanggal 24 maret kemarin saya menghadiri acara yang diselenggarakan oleh TMII dan IndosatM2 dalam rangka HUT TMII ke 38, seharusnya acara ini diselenggarakan hari minggu 17 maret 2013 karena ada sesuatu hal akhirnya acara ini diundur satu minggu dari jadwal sebelumnya. tapi tak apalah yang penting masih bsa terlaksana.

Acara minggu kemarin dalam jadwal di Grup Blogger Reporter ID jam 8 pagi berkumpul dahulu di pintu satu TMII, dan saya berangkat dari rumah di cilandak jam 7 pagi naik angkutan umum 3 kali, pertama naik kopaja P.20 biasa dan melanjutkan naik mikrolet S.15A dari perempatan buncit dan turun di taman mini square setelah itu dilanjutkan lagi naik agkutan 02 sampai akhirnya turun di dekat pintu satu TMII. setelah turun angkutan terakhir saya masih berjalan sekitar 300meter menuju gerbang(huft capek juga). sesampainya disana ternyata belum ada yang datang akhirnya saya mencoba mendekat ke loket penjualan karcis dan mencoba bertanya tentang acara ini tapi ternyata penjaga loket kurang mengetahui acara ini. emm setelah saya tengok sana sini saya melihat seseorang yang sepeertinya juga menghadiri acara ini, dan saya juga melihat ada beberapa crew dari Indosat dengan pakaian khas berwarna kuning 😀 dan memakai kartu pengenal Panitia. nah ini dia mungkin yang aku cari dari tadi hhe, akhirnya aku mutusin untuk menuju ke depan gerbang lagi. dan weladalah akhirnya ketemu Mas Hazmi Sorondol (Super Adminnya Blogger Reporter ID) emm langsung salaman deh wkwkwkwk. setelah ketemu ternyata orang yang sepertinya bingung juga itu malah dikenalin sama mas Hazmi (lupa namanya sipa :v (pelupa wkwkwk))
Di pintu TMII tiket masuk dibagikan oleh pihak Indosat, sempat terjadi perselisihan ketika sedang pembagian tiket karena ada pihak lain yang juga membagikan tiket untuk acaranya dan merasa terganggu dengan pihak kami tetapi perselisihan tidak berlangsung lama(samtai brow :D). karena peserta yang ikut dalam acara tidak datang bersamaan akhirnya yang sudah mendapatkan tiket disarankan untuk ke titik kumpul di dekat museum indonesia.
setelah semua berkumpul menjadi satu pihak indosat membagikan snack (haa ini yang aku tunggu” hhe), rombongan blogger pun menuju museum indonesia sembari menunggu teman blogger yang belum datang. sebelum masuk museum indonesia kebetulan ada orang yang sedang melakukan latihan pencak silat (wah lumayan nih ada pertunjukan gratis wkwkwk). masuk ke museum indonesianya pun terhenti sejenak untuk melihat pemain pencak silat yang sedang beraksi hhe, setelah pertunjukan selesai akhirnya saya masuk ke dalam museum. wah sesampainya di areal Museum Indonesia TMII ada pendopo yang cukup gede, langsung saja aku menuju ke arah sana karena kebetulan cuacanya agak panas dan memang sedang mencari tempat berteduh. wuss semilir udara sejuk pun akhirnya menghilangkan gerah yang hinggap dari tadi wkwkwk.
Tak lama setelah berteduh seseorang dari phak IndosatM2 mengajak masuk ke dalam Museum Indonesia. kami pun masuk ke museum indonesia, di dalam pintu masuk kami langsung di sambut oleh penjaga loket karcis(karena kami peserta dari acara TMII jadi masuk nggak bayar hhe).di museum indonesia ini ada 3 lantai di gedung museum indonesia TMII ini. di masing masing lantai memiliki tema tersendiri,

Ruang pamer lantai pertama bertema Bhinneka Tunggal Ika (Berbeda-beda tapi satu jua). Bagian ini menampilkan pakaian tradisional dan pakaian pernikahan dari 27 provinsi di Indonesia (jumlah provinsi Indonesia tahun 1975 sampai 2000). Ruang pamer ini juga menampilkan berbagai kesenian khas Indonesia, seperti beraneka ragam tari, wayang, dan gamelan, serta lukisan kaca bergambar peta Indonesia. Pameran ini menampilkan kekayaan dan keanekaragaman budaya masyarakat Indonesia, yang terdiri atas berbagai bahasa, tradisi, agama, budaya, dan adat istiadat masyarakat Indonesia.
Manusia dan Lingkungan adalah tema dari ruang pamer di lantai kedua. Bertujuan untuk menjelaskan mengenai interaksi masyarakat Indonesia dengan alam dan lingkungannya. Dipamerkan berbagai rumah miniatur rumah tradisional, bangunan peribadatan, lumbung padi, dan tata letak bangunan dan ruang tinggal masyarakat Indonesia. Sebagai contoh, rumah panggung, rumah yang didirikan di atas pohon atau di atas sungai, serta bebagai bangunan tradisional lainnya.
Diorama dari bagian rumah tradisional Indonesia juga dipamerkan, seperti kamar pengantin adat Palembang, ruang tengah masyarakat Jawa, serta dapur masyarakat Batak. Dipamerkan pula berbagai benda keperluan sehari-hari untuk berburu, mengumpulkan makanan, dan alat-alat pertanian. Beberapa diorama menampilkan upacara adat menyangkut daur hidup manusia, seperti upacara Mitoni (nujuh bulanan), Turun Tanah (upacara untuk bayi), Khitanan, Mapedes (upacara potong gigi masyarakat Bali), upacara pelantikan Datuk, dan Pelaminan Minangkabau.
Seni dan Kriya adalah tema ruang pamer lantai ketiga. Ruangan ini menampilkan seni dan kerajinan tradisional dan kontemporer masyarakat Indonesia. Kerajinan kain tradisional seperti Songket, Tenun, dan Batik dipamerkan, demikian juga benda-benda kerajinan dari logam seperti ukiran tembaga dan kuningan.
Seni ukir kayu yang sangat teliti dan rumit juga ditampilkan, seperti seni ukir Jepara (Jawa tengah), Bali, Toraja, dan Asmat. Benda seni utama di lantai ketiga adalah ukiran kayu yang sangat besar berbentuk Kalpataru, pohon hayat. Ukiran pohon setinggi delapan meter dan lebar empat meter ini melambangkan alam semesta dan mengandung lima unsur dasar; langit, air, angin, bumi, dan api. Benda seni utama ini ini menutup pameran di museum ini.

di Museum Indonesia TMII hanya sampai jam setengah 10 pagi karena harus ke Museum Asmat TMII dimana acara utama Museum Di Hatiku diselenggarakan. perjalanan menuju Museum Asmat naik mini bus dari museum indonesia, perjalanan ke lokasi acara sekitar 5 menit. bus tidak mengantarkan  sampai ke dekat museum Asmat, perjalanan menuju lokasi pun dilanjutkan dengan berjalan kali melewati taman bunga di areal Wahana Keong Emas TMII(kebetulan Museum Asmat berada di areal ini). setelah berjalan kali kurang lebih 5 menit akhirnya sampai di lokasi dan para peserta langsung masuk ke dalam museum Asmat yang baru saja selesai di renovasi. ketika masuk langsung disambut sebuah proyektor untuk presentasi pada saat acara Museum Di Hatiku :D. sebelum acara dimulai peserta acara dipersilahkan berkeliling ke museum asmat. setelah beberapa saat berkeliling para peserta berkumpul di tempat presentasi setelah pintu masuk museum.

Acara dimulai oleh pembukaan mc setelah itu sambutan dari ri perwakilan TMII. dilanjutkan sambutan oleh pak widodo perwakilan dari Indosat dan yang terakhir adalah sambutan dari ketua Blogger Reporter ID mas Hazmi Srondol. dan diakhiri dengan tips dantrik menggunakan layanan Indosat SuperWIFI.

Acara yang berlangsung pada hari minggu kemarin ini bertujuan untuk mengajak generasi muda indonesia agar suka pergi ke museum terutama ke Museum yang berada di TMII. agar tahu akan sejarah masa lalu peninggalan peradaban nusantara yang luar biasa dan mungkin ada beberapa yang menghebohkan atau mungkin yang belum terungkap sebelumnya. karena mungkin di jaman sekarang ini generasi muda indonesia lebih suka pergi ke mall, atau ke cafe dan bermain game. olehkarena itu TMII dan Indosat mencoba menarik minat generasi muda dengan memperbaiki fasilitas yang ada di TMII dan memberikan hotspot gratis kepada pengunjung TMII.

sekarang kita ke museum di TMII jadi tidak membosankan. kta bisa sharing foto ke teman teman dunia maya dengan hotspot gratis dari Indosat dengan kecepatan up to 20mbps. atau bagi para penulis digital/ blogger bisa menuliskan tentang pengalamannya ke museum di TMII, itung itung turut mempromosikan budaya dan pariwisata indonesia yang indah ini.

pada akhir acara ini adalah pengumuman pemenang live tweet, posting dan mobile photo contest :D. setelah itu ada pembagian doorprize juga loh, alhamdulilah pambudie blog dapet ^_^. yey yey saatnya pulang dan istirahat deh. sekian artikelku kali ini, seharusnya artikel ini aku publish hari senin/ selasa karena akunya yang males nulis yah akhirnya hari minggu baru selesai. bye bye semua tunggu artikelku selanjutnya yah.
Description: Pambudie blog|Blog Sharing|Tutorial|Internet Rating: 4.5

Advertisements

mau tanya atau berkomentar? boleh banget hhe