Advertisements
indonesia, kesehatan, tips

Ice Cream dari Walls mengandung lemak babi? emulsifier E471?

stpblog.me-sobat kalau mau share sesuatu ke media sosial itu sebaiknya cermati, selidiki apakah benar berita itu benar atau tidak dan bermanfaat tidak jika dishare. seperti postingan gambar dari facebook satu ini tentang ice cream walls yang katanya mengandung lemak babi.

Musibah di Jum’at pagi. Anak anak jajan es cream pagi pagi. Cek lebel halal mui ada tpi begitu cek ingredetsnya astagfirullah mengandung lemak babi. Berhati hatilah kaum muslimin semuanya

Posted by Hasmah Ummu Adnan on Thursday, January 28, 2016

dalam galeri foto itu disebutkan ada emulsifier E471, nah sebenarnya apa sih itu? apakah benar terbuat dari lemak babi? sebelum berburuk sangka sebaiknya cari informasi dulu sebelum menjudgenya ya sobat.

emulsifier E471  sendiri merupakan bahan pengemulsi, dimana fungsinya adalah sebagai aditif pada makanan, selain itu juga berfungsi untuk memudahkan proses pencampuran bahan antara minyak dan air. Bahan ini biasanya digunakan pada makanan yang mengandung lemak dan air, seperti es krim, kek, coklat dll, (itulah sebabnya susu pada es krim bisa tercampur, padahal secara proses, susu dan air itu tak dapat dicampur).
baca juga artikel sebelumnya:

Kamus Bahasa Prokem

Game Gratis NFS MW dari EA Sport

Paketan Internet Rekomendasi ane
Emulsifier E471 sendiri dibuat dengan 2 bahan, yaitu tumbuhan dan hewan, untuk yang dibuat dari tumbuhan, Insya Alloh pasti halal, tapi untuk emulsifier E471 yang dibuat dari hewan , maka itu tergantung pada hewan yang digunakan dan bagaimana cara menyembelihnya.

Hal ini sesuai dengan undang-undang halal haram yang dikeluarkan oleh pemerintah Saudi terhadap bahan Emulsi ini, yaitu Mushbooh, Halal if it is from plant fat, Haraam if it is from pork fat, alias halal jika dari lemak tanaman, dan haram jika dari lemak babi.

bagaimana mungkin badan/lembaga sekelas MUI mau memberikan sertifikasi halal sebelum menelitinya lebih lanjut.apalagi sebelumnya dulu MUI pernah kecolongan oleh salah satu produk penyedap ─anda tahu sendiri lah─, jadi pasti MUI sekarang lebih ketat dan selektif untuk memilih nproduk yang memang benar-benar layak untuk diberi label Haram). Dan lagi, kalo ndak percaya sama MUI, mau percaya sama siapa lagi?

hmm teliti sebelum share ya sobat, teknologi itu semakin maju banyak kok yang bahas tentang ini di internet. jadi jangan asal share berita/info yang kurang jelas asal usul dan sumbernya yah.dibawah ini sedikit pengetahuan tentang kode E dalam bahan makanan

sumber dan referensi:

http://www.kaskus.co.id/thread/517f4b778127cf4627000004/serba-serbi-emulsifier-e471-hottoday/

Advertisements

mau tanya atau berkomentar? boleh banget hhe